Monday, July 15, 2024
HomeAlat beratPT. SBS Revitalisasi 30 Unit Alat Berat Tambang

PT. SBS Revitalisasi 30 Unit Alat Berat Tambang

PT Satria Bahana Sarana (SBS) melakukan revitalisasi alat berat tambang batubara sebanyak 30 unit. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dari perusahaan pertambangan ini.

Baca Juga : Pembiayaan Alat Berat Dinilai Akan Terus Meningkat Di Tahun 2023

Revitalisasi Alat Berat Dilakukan Untuk Mengoptimalkan Kinerja Alat Tambang

Revitalisasi alat tambang yang dilakukan oleh PT SBS bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja alat tambang. Tak hanya itu revitalisasi 30 unit alat ini juga dilakukan dengan tujuan agar mempercepat dalam proses penambangan.

PT SBS menaikkan target total material produksi tanah dan batubara pada tahun 2023 ini sebesar 48 juta Bcm yang disesuaikan dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023. Sedangkan pada tahun 2022 target total material produksi tanah dan batubara perusahaan ini adalah sebanyak 43,3 juta Bcm.

Pada tahun 2022, PT SBS menghidupkan kembali 33 unit alat berat yang sebelumnya terbengkalai. Proses revitalisasi alat tambang ini dilakukan kurang lebih selama enam bulan. Alat-alat tersebut dilakukan revitalisasi mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2022.

Alat-alat yang direvitalisasi tersebut terdiri dari 20 unit Komatsu dan 13 unit Caterpillar. Dalam proses ini tim aset dan perawatan bekerjasama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek atau biasa disebut dengan ATPM.

Setelah dilakukan revitalisasi 33 unit alat tersebut dapat beroperasi kembali setelah terbengkalai selama lebih dari tiga tahun. Sekarang alat-alat yang telah direvitalisasi tersebut dapat berproduksi kembali dan juga dapat mencapai penambahan target.

PT SBS melakukan perbaikan, pembersihan, pemeriksaan, dan penggantian komponen pada alat atau yang biasa disebut General Overhaul (GOH). Hal ini dilakukan dalam rangka mempertahankan kinerja dari alat tambang tersebut. Penggatian beberapa komponen spare part juga dilakukan dengan tujuan agar performansi engine alat tetap maksimal.

alat berat
PT. SBS revitalisasi alat berat yang terbengkalai

Biaya Operasional Jangka Panjang Dapat Berkurang Setelah Revitalisasi Alat Berat Dilakukan

PT Satria Bahana Sarana (SBS) merupakan bagian dari grup PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang telah bergerak di dunia pertambangan selama kurang lebih delapan tahun. PT SBS ini memiliki kegiatan usaha dalam bidang jasa yang terkait dengan penambangan. Perusahaan ini menyediakan untuk jasa pengupasan tanah, jasa penyewaan alat berat dan jasa penambangan batubara.

Dengan perjalanannya selama delapan tahun, PT SBS ini sudah mendapatkan beberapa penghargaan. Seperti pada tahun 2023 ini, PT SBS mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dengan kategori program pemagangan peserta pelatihan.

PT SBS ini selalu berperan aktif dalam berkontribusi melaksanakan program pemagangan agar meningkatnya pembangunan ketenagakerjaan bagi para peserta pelatihan di wilayah Muara Enim. Sejak tahun 2019, PT SBS bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim selalu memberikan kesempatan bagi para peserta terpilih untuk melakukan pemagangan dan pelatihan kompetensi dan mekanik alat berat.

Pada tahun 2023 ini, PT SBS kembali melakukan revitalisasi alat-alat tambang sebanyak 30 unit. Selain agar mengoptimalkan kinerja alat tambang dan mempercepat proses penambangan, revitalisasi ini juga dapat memberikan peluang untuk mengurangi biaya operasional dengan jangka panjang.

Meskipun membutuhkan investasi awal yang cukup besar, namun tidak menutup kemungkinan revitalisasi ini juga dapat mengurangi biaya pemeliharaan, biaya bahan bakar, dan biaya penggantian peralatan yang lebih sering.

Dengan demikian, dilakukannya revitalisasi ini dapat mengoptimalkan pengeluaran perusahaan dan juga dapat meningkatkan profitabilitas dalam jangka waktu panjang. Dengan begitu, dilakukannya revitalisasi alat berat ini dapat membuat PT SBS melakukan penambangan lebih dari target.

Sumber : sumeks.disway.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular