Monday, July 15, 2024
HomeUncategorizedPT. SIS Serap Operator Alat Berat Lewat Bina Cikal Bangsa

PT. SIS Serap Operator Alat Berat Lewat Bina Cikal Bangsa

PT. Saptaindra Sejati menjadi salah satu perusahaan besar yang ikut menyerap tenaga kerja di bidang alat berat dari masyarakat. Perusahaan yang merupakan rekanan dari PT. Adaro Energy Tbk. ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor pertambangan.

Sektor pertambangan yang saat ini berkembang pesat di Indonesia membuat perusahaan-perusahaan terkait gencar melakukan berbagai strategi bisnis untuk meningkatkan performa perusahaan. Memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang membludak menjadi salah satu cara perusahaan-perusahaan tersebut meningkatkan kapasitas kerjanya.

Baca Juga : Sekolah Operator Alat Berat Bentuk Dukungan Pemerintah Di Industri Alat Berat

Program Bina Cikal Bangsa Untuk Serap Tenaga Kerja Di Bidang Alat Berat

PT. SIS dikenal sebagai perusahaan yang memiliki program-program unggulan salah satunya program Bina Cikal Bangsa. Program ini merupakan program yang dibuat untuk memaksimalkan potensi SDM di wilayah sekitar perusahaan.

Tahun 2023, program ini dilakukan dengan menggelar program magang untuk operator alat berat di Kabupaten Tabalong. Program yang telah dilakukan setiap tahun oleh PT. SIS ini dinilai telah menyerap cukup banyak tenaga kerja baru dari masyarakat sekitar lokasi PT. SIS.

Chief Operation PT SIS Site Adaro, Eko Iswanto menuturkan bahwa program Bina Cikal Bangsa ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PT. SIS dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tabalong. Pencarian tenaga kerja melalui program ini juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan operator alat berat yang cukup banyak di PT. SIS.

Di tahun 2023 ini, PT. SIS diketahui membutuhkan 500 operator berkualitas tinggi untuk bergabung di perusahaannya. Bukan sekedar menjadi operator magang, nantinya para pemagang tersebut juga akan bergabung menjadi karyawan resmi PT. SIS jika memiliki skill dan memenuhi kriteria yang ada.

Puluhan Operator Alat Berat Bergabung Setiap Tahun

Bukan hanya tahun 2023 saja, program Bina Cikal Bangsa ini telah diselenggarakan selama beberapa tahun dan terbukti menghasilkan tenaga kerja berkualitas. Tahun 2022 lalu, setidaknya 91 karyawan PT. SIS berasal dari lulusan program Bina Cikal Bangsa tersebut.

Selain itu, 170 peserta program lainnya telah mengikuti pelatihan secara bertahap untuk selanjutnya bergabung sebagai karyawan. Di Awal tahun ini, setidaknya 40 peserta calon operator peralatan berat telah memasuki masa pelatihan pada 11 Februari 2023.

alat berat
maz-konsultan.blogspot.com

Peserta yang bergabung pada 11 Februari 2023 merupakan hasil dari program yang disosialisasikan pada 25 hingga 28 Desember 2022 lalu. Sosialisasi tersebut dilakukan oleh PT. SIS bersama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam program pelatihan dan penyerapan tenaga kerja ini, PT. SIS didukung melalui dana dari corporate social responsibility (CSR). Dukungan ini juga sebagai salah satu bentuk partisipasi PT. SIS terhadap program pemerintah di bidang ekonomi.

Sejak tahun 2022, sektor pertambangan di Indonesia terus mengalami kenaikan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya adalah tingginya permintaan batu bara dan nikel dari berbagai negara.

Semakin meningkatnya performa sektor pertambangan langsung berdampak pada kebutuhan tenaga kerja di sektor ini. Kebutuhan berbagai posisi seperti operator peralatan berat meningkat drastis sehingga berbagai perusahaan berusaha untuk mengadakan berbagai program untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Karena posisi operator juga tidak bisa diisi sembarangan dan hanya boleh ditempati oleh karyawan khusus dengan skill operator yang baik, maka setiap program yang diadakan oleh PT. SIS dan perusahaan lain harus dilengkapi dengan pelatihan khusus untuk operator peralatan berat.

Program Bina Cikal Bangsa yang diselenggarakan oleh PT. SIS diharapkan bisa menjadi alternatif solusi untuk kebutuhan operator alat berat yang tinggi di Indonesia. Skill operator yang tinggi juga dinilai akan membuat performa sektor pertambangan semakin baik.

Sumber : kalsel.antaranews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular