Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratRatusan Alat Berat Dan Personel Lakukan Pencegahan Banjir Di DKI Jakarta

Ratusan Alat Berat Dan Personel Lakukan Pencegahan Banjir Di DKI Jakarta

Bencana banjir selalu menjadi ancaman bagi wilayah Provinsi DKI Jakarta setiap tahunnya. Berkaitan dengan hal ini, pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan 240 unit alat berat di berbagai wilayah dalam rangka pencegahan bencana banjir.

Setiap memasuki musim hujan, ancaman banjir selalu ada di berbagai wilayah DKI Jakarta sehingga pencegahan bencana banjir selalu dilakukan dari waktu ke waktu oleh pemerintah setempat. Bulan November 2023 di perkirakan menjadi awal masuknya musim hujan di Indonesia sehingga Pemprov DKI Jakarta langsung mempercepat berbagai persiapan yang dilakukannya.

Baca Juga: Imbas Bencana Banjir, Normalisasi Sungai Dilakukan dengan Alat Berat Pertambangan

Seluruh Alat Berat Dinas SDA Keruk Berbagai Sungai Di DKI Jakarta

Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menuturkan bahwa saat ini pihaknya Tengah melakukan pengerukan di berbagai sungai di Jakarta. Pernyataan ini dituturkan saat Heru sedang meninjau salah satu kegiatan pengerukan lumpur di Kali Ciliwung, Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur.

“Terdapat beberapa wilayah di Jakarta yang mengalami penurunan muka tanah sehingga bencana banjir cenderung sulit untuk dihindari” Tutur Heru.

Meski bencana banjir sulit untuk dihindari, namun dampak dari bencana banjir itu sendiri bisa diminimalisir melalui berbagai cara salah satunya dengan mengurangi sedimentasi lumpur pada sungai di area-area terkait. Cara tersebut saat ini menjadi salah satu langkah utama yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sejak awal November lalu.

Hingga saat ini Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan seluruh personel serta alat berat yang dimilikinya untuk membantu proses pengerukan sehingga wilayah provinsi Jakarta siap menghadapi potensi banjir maupun air kiriman dari luar wilayah.

Alat Berat Dan Peralatan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Mulai Disiapkan

Kegiatan pengerukan sedimentasi tanah di berbagai sungai di DKI Jakarta pada dasarnya telah menjadi agenda rutin yang dilakukan di luar agenda pencegahan banjir. Namun aktivitas ini semakin gencar dilakukan dengan berbagai pengawasan yang semakin ketat menjelang masuknya musim hujan yang yang diperkirakan mulai November 2023 dan akan mencapai puncak di Januari dan Februari 2024.

alat berat
Pj Gubernur DKI Jakarta Tinjau Proyek Pengerukan Sedimentasi tanah di Kali Ciliwung

Selain 240 unit alat berat yang diturunkan ke berbagai lokasi, Dinas Sumber Daya Air juga telah memiliki 549 unit pompa stationer, 566 unit pompa mobile serta 799 unit pintu air yang seluruhnya akan dimaksimalkan penggunaannya jika musim hujan menimbulkan potensi banjir.

Beberapa wilayah yang berpotensi tinggi terkena dampak banjir diketahui akan mendapatkan tambahan pompa untuk memaksimalkan penanganan banjir. Wilayah seperti Ancol dan Gunung Sahari diketahui telah mendapatkan tambahan 2 pompa.

267 personel Tim Reaksi Cepat juga telah disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta di setiap kelurahan yang ada di wilayah provinsi DKI Jakarta. Hal ini dituturkan oleh Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji.

Isnawa aja juga menuturkan selain personel, berbagai sarana seperti tenda, perahu, jaket, pelampung, serta ring buoys juga telah disediakan dan siap disebar ke berbagai wilayah. Bencana banjir yang terus berulang setiap tahunnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta membuat BPBD DKI Jakarta melakukan berbagai cara untuk mempersiapkan penanganan banjir tahun ini.

Isnawa menuturkan, sejak September 2023 hingga 2 November setidaknya 65 kelurahan telah mendapatkan pelatihan dan simulasi pendirian tenda bencana sehingga diharapkan dapat mempermudah penanganan banjir tahun ini.

Berbagai personel BPBD DKI Jakarta juga terus melaksanakan apel siaga bencana sebagai salah satu langkah untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana banjir. Berbagai persiapan personel dan alat berat yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta diharapkan mampu membantu penanganan bencana banjir sehingga dampak dari bencana ini bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Sumber: rm.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular