Hyundai Heavy Industries (HHI) adalah salah satu merek terkemuka dalam industri alat berat yang telah mengukir namanya sebagai produsen alat berat berkualitas tinggi dan canggih. Brand alat berat Hyundai menjadi brand yang dikenal memiliki cukup banyak jenis alat berat dengan kualitas yang mumpuni.
Hyundai sendiri merupakan brand alat berat yang berasal dari luar Indonesia tepatnya dari Negeri Ginseng Korea Selatan. Sejak pendiriannya 51 tahun lalu, Hyundai terus melakukan inovasi terhadap bisnis dan produk miliknya hingga bisa mencapai posisinya saat ini.
Baca Juga : Hyundai CE dan Kiprahnya di Industri Alat Berat China
Sejarah Pendirian Brand Alat Berat Hyundai
Perusahaan asal Korea Selatan yang berbasis di Ulsan ini merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1972 dan merupakan bagian dari Hyundai Group. Hyundai Group sendiri merupakan salah satu konglomerat terbesar di Korea Selatan.
Diantara jajaran bisnis Hyundai Group, Hyundai Heavy Industries mengkhususkan diri dalam desain, produksi, dan distribusi berbagai jenis alat berat. Produk-produk Hyundai dikenal karena inovasi teknologi, daya tahan, dan kualitas terbaik dalam kelasnya.
Perjalanan brand Hyundai bermula sejak pendirian Hyundai Heavy Industries pada tahun 1947. Pendiri Hyundai, Chung Ju-Yung, mendirikan perusahaan perdagangan bernama Hyundai Civil Works Company. Pada awalnya, perusahaan ini berfokus pada usaha konstruksi dan pekerjaan sipil.
Pada tahun 1972, Hyundai Heavy Industries secara resmi didirikan sebagai entitas yang terpisah dari Hyundai Civil Works Company. Perusahaan ini didirikan sebagai anak perusahaan Hyundai Group untuk menghadapi permintaan yang berkembang di industri alat berat dan konstruksi. Hyundai Heavy Industries segera mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi salah satu produsen alat berat terkemuka di dunia.
Hyundai Heavy Industries meluncurkan alat berat pertamanya berupa excavator pada tahun 1978. Peluncuran excavator ini menjadi awal perjalanan brand alat berat Hyundai yang dilanjutkan dengan peluncuran jenis alat berat lain seperti hydraulic excavator, wheel loader, skid steer loader, dan alat berat lainnya.
Perluasan Jangkauan Bisnis Brand Alat Berat Hyundai
Setelah sukses dengan pemasaran alat berat di Korea Selatan, Hyundai mulai memperluas jangkauan bisnisnya dengan menyasar pasar global. Ekspansi pasar global brand Hyundai dimulai sejak tahun 1990-an.
Hyundai sendiri mulai menargetkan Indonesia dan berhasil memasuki pasar Indonesia pada tahun 1992. Kehadiran brand alat berat ini disambut baik di pasar Indonesia karena kala itu kondisi sektor-sektor terkait seperti konstruksi memang sedang naik dan membutuhkan peralatan-peralatan canggih dalam jumlah besar.
Saat ini brand alat berat Hyundai telah berhasil memasarkan ribuan unit alat berat dari berbagai jenis di Indonesia. Pemasaran ini dibantu oleh kantor cabang dan distributor alat berat yang bekerjasama dengan brand ini.
Sejak pertama kali memasuki pasar Indonesia, Hyundai Heavy Industries telah bekerjasama dengan beberapa distributor alat berat lokal seperti PT. United Tractors Tbk. (UNTR), PT. Indotruck Utama, PT. Intraco Penta Tbk., PT. Cipta Nauli, PT. Swadaya Harapan Nusantara (SHN), serta PT. Sarana Rekatama Dinamika (SRD). Distributor lokal ini berhasil membawa alat berat dari brand Hyundai tersebar dan digunakan di berbagai wilayah di Indonesia.
Berbagai jenis alat berat yang dipasarkan Hyundai di Indonesia juga tidak hanya tersedia dalam satu tipe saja. Terdapat berbagai tipe alat berat yang dipasarkan di Indonesia seperti excavator R210LC-9, R220LC-9S, serta R330LC-9SH. Begitupun jenis alat berat lainnya yang tersedia dalam beberapa tipe berbeda.
Brand alat berat Hyundai telah berhasil membawa berbagai tipe alat beratnya ke Indonesia dan memasarkannya dengan maksimal. Tipe-tipe alat berat terbaru dari brand ini juga terus berdatangan dengan kualitas dan spesifikasi yang dibuat dengan teknologi terbaru dan canggih.