large excavator

Tahapan Pemeliharaan Large Excavators dan Alat Berat Hitachi Lainnya

Excavator merupakan salah satu alat berat yang menggunakan mesin hidrolik serta komponen lainnya untuk bisa melakukan beberapa pekerjaan berat. Pekerjaan tersebut meliputi pengangkatan, penggalian, pemindahan, perataan, serta penyisiran material di sebuah bidang tanah atau bangunan.

Dalam konstruksi bangunan terutama jika bangunan tersebut dalam ukuran besar maka dibutuhkan jenis alat berat ini. Salah satu jenisnya yang bisa Anda gunakan ialah Large Excavators yang memiliki ukuran cukup besar dan tentunya memiliki fungsi untuk menangani konstruksi besar. Ada pula jenis lainnya yang berukuran kecil maupun menengah.

im-mining.com

Setiap alat berat ini tentunya membutuhkan perawatan dan pemeliharaan karena didalamnya terdapat komponen yang cukup rumit. Tujuannya tidak lain agar alat berat Hitachi ini tetap bisa digunakan dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. proses pemeliharaannya pun tidak bisa dilakukan sembarangan karena perlu mengetahui beberapa tahapan proses yang cukup detail.

  1. Pemeriksaan Perlengkapan Kerja / Attachment

Pada tahapan yang pertama ini Anda perlu memeriksa sebuah bagian bernama Hose dan perhatikan komponen ini apakah mengalami kebocoran atau tidak. Selain itu, pada pemeriksaan attachment Anda juga harus memeriksa Oil Seal Cylinder Bucket, Seal Cylinder Arm, serta seal Cylinder Boom. Periksa pula bagian Pen untuk memastikan tidak ada komponen yang terlepas.

  1. Pemeriksaan Bagian Undercarriage

Tahapan yang bisa Anda lakukan berikutnya untuk pemeliharaan alat berat Hitachi ialah pemeriksaan bagian Undercarriage. Pada pemeriksaan ini Anda harus memeriksa kekencangan track serta kelonggaran komponen undercarriage. Hal ini tidak hanya berlaku untuk Large Excavator saja namun juga untuk jenis Excavator lainnya. 

  1. Pemeriksaan Kebocoran

Tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan memeriksa kebocoran di berbagai bagian. Bagian yang perlu diperiksa ialah radiator, bawah mesin, pompa hidrolik, motor swing, tanki oli hidrolik, dan tanki bahan bakar. Jika sudah Anda juga harus memastikan tidak dalam kondisi tertutup agar bisa berfungsi dengan baik.

  1. Pemeriksaan Bagian Atas Alat

Bagian atas juga perlu diperhatikan dalam proses pemeliharaan alat berat Hitachi. Pemeriksaan bisa dilakukan pada bagian air pendingin, kekencangan tali kipas atau fanbelt, serta level oli mesin. Anda juga harus memeriksa level oli motor swing, level oli hidrolik, water separator, serta baterai atau accu termasuk kekencangan kepalanya.

  1. Perawatan dan Pelumasan

Tahapan berikutnya merupakan proses perawatan dan pelumasan yang akan dilakukan terhadap perlengkapan kerja atau attachment. Setiap bagian perlengkapan kerja tersebut akan mendapatkan perawatan atau pelumasan yang juga disertai proses pembersihan terlebih dahulu.

  1. Pemanasan

Jika beberapa tahapan tersebut sudah selesai Anda bisa melakukan pemanasan awal dengan temperatur rendah sebelum mesin tersebut benar-benar digunakan. Hal ini sangat perlu dilakukan secara rutin mengingat kondisi mesin harus dipanaskan terlebih dahulu agar mesin tidak kaget jika langsung digunakan bekerja. Kondisi mesin bisa lebih awet dan terawat dengan melakukan pemanasan bertemperatur rendah terlebih dahulu.

Keenam tahapan di atas sangat perlu Anda terapkan pada alat berat Hitachi terutama Large Excavator. Secara umum memang tahapan tersebut berlaku untuk setiap jenis alat berat meskipun komponennya cukup berbeda. Jenis perawatan di atas bersifat umum dan dapat membantu menjaga kondisi alat berat agar tetap stabil.

at-minerals.com

Jika Anda terlibat dalam pembangunan sebuah konstruksi bangunan maka hal ini sangat penting untuk Anda ketahui sebelumnya. Terlebih jika Anda terlibat langsung dalam penggunaan alat berat tersebut maka pengetahuan seperti ini harus langsung diterapkan.

Terlebih untuk jenis Large Excavator ini akan bekerja dengan sangat keras dan berkapasitas tinggi. Anda juga harus menggunakan alat berat Hitachi tersebut sesuai prosedur agar tidak terjadi kesalahan. Perlu perawatan yang lebih baik dan teliti agar tidak terdapat kesalahan kecil yang berakibat fatal terhadap kinerja mesin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *