Monday, July 15, 2024
HomecraneTronton Muatan Alat Berat Terguling, Jalan Ditutup Untuk Evakuasi

Tronton Muatan Alat Berat Terguling, Jalan Ditutup Untuk Evakuasi

Kamis (01/02/2024) malam, satu unit truk tronton dengan muatan alat berat mengalami kecelakaan tunggal di Jalur Denpasar-Gilimanuk. Kecelakaan ini diperkirakan terjadi akibat rem blong.

Beruntung kondisi jalan sedang cukup sepi saat kecelakaan terjadi sehingga kecelakaan ini tidak berdampak pada kendaraan lain. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, sopir truk tronton yang mengalami kecelakaan berhasil selamat tanpa luka yang parah.

Baca Juga: Truk Tronton Terguling Masih Menunggu Alat Berat Crane Untuk Evakuasi

Truk Membawa Alat Berat Kecelakaan Akibat Rem Blong

Satu unit truk pengangkut backhoe diketahui mengalami kecelakaan di Banjar Dinas Bantas Tengah Kaja, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Truk Mitsubishi bernomor polisi B 9271 UJ ini diketahui terguling akibat rem truk yang tidak berfungsi.

Kecelakaan ini terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.30 WITA sehingga kondisi jalan tidak begitu ramai. Sopir mengaku sulit mengendalikan truk akibat rem yang tidak berfungsi saat melewati tikungan.

Tronton Alat Berat yang Terguling Dievakuasi Menggunakan Crane

Truk tronton yang mengalami kecelakaan diketahui melaju dari arah Gilimanuk menuju ke arah Denpasar. Sopir truk Nur Hakim (50) menuturkan bahwa saat melewati tikungan tiba-tiba saja rem truk blong sehingga truk tersebut sulit dikendalikan dan akhirnya terguling.

Beruntung sopir truk yang merupakan warga Desa Jembayat, Kecamatan margasari, Kabupaten Tegal ini berhasil selamat dan tidak mengalami luka. Truk tronton yang telah terguling juga langsung jatuh ke pinggiran kebun warga sehingga tidak menghalangi area jalan raya.

Baca Juga: Alat Berat Loader Terguling Di Cibal Barat Saat Akan Bersihkan Longsor

Kondisi truk yang tidak mengganggu arus lalulintas membuat pihak kepolisian tidak terburu-buru untuk mengevakuasi truk tersebut. Truk tronton Mitsubishi tersebut diketahui mengangkut satu unit alat berat backhoe yang akan diantarkan ke wilayah Denpasar.

Kapolsek Selemadeg Timur AKP I Putu Budiawan dalam keterangannya menuturkan bahwa proses evakuasi truk dan muatannya rencananya akan dilakukan pada Jum’at Malam menggunakan alat bantuan crane. AKP I Putu Budiawan juga menuturkan bahwa kecelakaan ini menimbulkan kerugian material sekitar Rp 5 juta.

Di hari Jum’at (02/02/2024) lalu, evakuasi truk menggunakan crane dimulai pada pukul 23.00 WITA. Arus lalulintas di sekitar lokasi kecelakaan juga ditutup total selama 2 jam untuk memaksimalkan evakuasi dan mencegah kendaraan lain terdampak saat evakuasi  berlangsung.

Beberapa personel kepolisian juga telah diturunkan ke lokasi kejadian sejak Jum’at sore untuk mengatur arus lalulintas agar rencana proses evakuasi serta keberadaan truk tronton yang terguling serta muatan alat berat backhoe tidak menarik perhatian pengguna jalan dan menimbulkan kemacetan.

Sumber: nusabali.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular