Saturday, June 22, 2024
HomeHeavy machineTruk Trailer Pengangkut Alat Berat Sebabkan Lalu Lintas Lumpuh Lebih Dari 12...

Truk Trailer Pengangkut Alat Berat Sebabkan Lalu Lintas Lumpuh Lebih Dari 12 Jam

Truk trailer yang mengangkut alat berat di jalan lintas Desa Padang Sepan, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Kabupaten Bengkulu Utara ditilang dan ditahan selama penilangan oleh Polres Bengkulu Timur. Setelah Diusut, penilangan ini terjadi akibat truk trailer yang melintang di jalan dan menimbulkan kemacetan lebih dari 12 jam.

Truk trailer ini diketahui mengalami kecelakaan tunggal pada Minggu (09/06) sekitar pukul 21.30 WIB. Kecelakaan ini menyebabkan badan truk trailer yang mengangkut peralatan berat melintang dan menutupi seluruh badan jalan.

Baca Juga: Tronton Oleng Hingga Alat Berat Crane Hampir Jatuh Di Jembatan Suramadu

Tidak Sanggup Menanjak, Truk Trailer Pengangkut Alat Berat Terperosok

Kecelakaan tunggal truk trailer yang terjadi pada Minggu malam ini diketahui disebabkan oleh trailer yang tidak sanggup melewati tanjakan di area jalan tersebut. Trailer yang tidak bisa menanjak kemudian mundur dan terperosok ke luar bahu jalan hingga membuat sebagian besar badan jalan tertutupi oleh badan truk trailer tersebut.

Kondisi ini membuat arus lalu lintas lumpuh seketika selama 21 jam. Hanya sepeda motor yang bisa melewati jalan tersebut dan harus melaju dengan perlahan karena area jalan yang bisa dilewati hanya sebagian kecil jalan yang tersisa saja.

Kendaraan roda empat dan lebih terpaksa harus menggunakan jalan alternatif melalui jalan lintas barat atau melalui Kecamatan Lais atau melalui jalan lintas Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kelurahan Lubuk Durian Kecamatan Kerkap.

Evakuasi Trailer Pengangkut Alat Berat Selesai Senin Sore

Pasca laka lantas tunggal pada Minggu malam, Satlantas Polres Bengkulu Utara dan Polsek Air Besi langsung melakukan evakuasi. Sayangnya, evakuasi truk trailer pengangkut alat berat ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan baru selesai dilakukan pada Senin (10/06) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga: 2 Alat Berat Gagal Evakuasi Truk Tronton Dari Kolam Makale

AKBP Lambe Patabang Birana selaku Kapolres Bengkulu Utara melalui Kapolsek Air Besi, Iptu Joko Susanto menuturkan bahwa trailer tersebut melaju dari arah Kota Bengkulu menuju Kabupaten Lebong. Akibat kecelakaan tunggal ini, truk trailer bernomor polisi BK 8276 EW ini hampir menimpa rumah warga dan menyebabkan pipa saluran PDAM rusak.

Camat Tanjug Agung Palik, Zainal menuturkan bahwa warga juga kesulitan mengangkut hasil tani selama arus lalu lintas terputus. Saluran air beberapa warga juga mati akibat kecelakaan tunggal ini.

Kasat Lantas Polres Bengkulu Utara Iptu. Ayu Sekar Sari Kuraisin menuturkan bahwa truk trailer ini juga ditilang karena menyebabkan gangguan lalu lintas lebih dari 12 jam. Truk trailer bermuatan alat berat yang melaju tanpa pengawalan satlantas juga dinilai menyalahi aturan sehingga surat-surat kendaraan beserta kendaraan yang bersangkutan ditahan kepolisian terkait dengan penilangan ini.

Sumber: rbtv.disway.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular