Friday, March 24, 2023
HomeExcavatorUlasan Singkat Komponen Boom Pada Excavator yang Perlu Diketahui

Ulasan Singkat Komponen Boom Pada Excavator yang Perlu Diketahui

Excavator merupakan salah satu alat berat dengan kegunaan dan fungsi yang sangat berguna untuk pekerjaan konstruksi. Excavator lengkap dengan boom, sangat efisien dalam melakukan proses pengerukan.

Sehingga tidak heran jika banyak digunakan di pertambangan, perkebunan atau konstruksi. Excavator terdiri dari beberapa bagian diantaranya rod atau biasa disebut dengan boom, stick atau arm dan basket atau bucket.

Selanjutnya ada stick yang diletakkan pada chasis dan terdiri dari track, yang akan membantu excavator selama bekerja. Secara umum, excavator bekerja dengan prinsip yang sama dengan alat berat lainnya.

Excavator akan digerakkan oleh mesin diesel melalui sprocket di bagian bawah. Dan boom dan bucket juga dapat dipindahkan menggunakan bantuan tenaga hidrolik sesuai kebutuhan.

Fungsi Utama Alat Berat Excavator

Excavator memiliki motor putar yang berfungsi untuk membuat excavator berputar 360° sesuai kebutuhan. Saat ini banyak sekali kegunaan excavator sehingga perlu memahami segala macam pengetahuan dasar tentang penggunaan excavator.

Dari fungsi excavator itu sendiri digunakan untuk proses penggalian atau untuk pengerukan. Namun tidak hanya itu, excavator dengan boom memiliki berbagai fungsi lainnya, silahkan lihat uraian di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Memuat Bahan

Terkadang material atau gundukan perlu dipindahkan untuk mempermudah pekerjaan. Tentunya hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan excavator yang akan menggali material tersebut kemudian memindahkannya ke lokasi yang telah ditentukan.

boom
pixabay.com

Jenis pekerjaan ini sangat bagus untuk excavator long-boom, terutama jika medannya lebih tinggi atau lebih dalam. Sehingga akan lebih nyaman digerakan sesuai medan yang ditempuhnya.

Untuk Proses Pembuatan Area Miring

Fungsi lain dari excavator adalah untuk membuat lereng atau proses yang biasa disebut sloping. Pekerjaan ini banyak ditemukan di area pertambangan, tujuannya agar material tidak licin, dan juga dapat digunakan dalam proses reklamasi sungai.

Untuk Proses Penggalian Tanah (Excavation)

Pekerjaan ini biasanya dilakukan di perkebunan dan pertambangan. Bucket excavator juga lengkap dengan boom akan menggali beberapa tanah yang meninggalkan jejak seperti parit dan yang diinginkan lainnya.

Untuk Meratakan Permukaan

Excavator ini juga dapat digunakan untuk proses meratakan permukaan. Dimana masih diperlukan alat lain untuk menghasilkan permukaan yang rata sempurna.

Untuk Proses Penghancuran Material

Proses pemecahan atau penghancuran material seperti batu, bangunan. Dimulai dengan ember di ujung excavator diganti dengan berbagai alat atau attachment tambahan agar lebih berfungsi.

Misalnya, ripper dapat ditambahkan saat memecahkan batu. Setelah memahami fungsi dari excavator, sekarang kita akan masuk ke komponen-komponen excavator yang masing-masing memiliki fungsi dan peran tersendiri bagi excavator.

Bagaimana Cara Kerja Excavator Dan Boom Excavator?

Pada dasarnya, excavator bekerja berdasarkan prinsip hidrolika. Tujuan utama excavator adalah untuk menggerakkan ember untuk mendorong atau mengeruk sesuatu.

Untuk mendukung tujuan tersebut, 3 silinder (bucket cylinder, arm cylinder, boom cylinder) bekerja secara bergantian untuk menggerakkan bucket. Dengan begitu operator bisa lebih mudah menggunakannya.

Komponen Boom Pada Excavator

Ini adalah bagian yang bertindak sebagai pegangan, singkatnya sebagai titik penghubung antara lengan robot dan excavator. Boom terbuat dari baja dan berukuran besar untuk menahan beban dari fungsi seperti stick, bucket, dan yang lainnya.

Kemudian juga untuk meningkatkan jangkauan jarak kerja dari bucket. Sehingga bisa lebih leluasa digunakan untuk memindakan bahan sesuai dengan yang dibutuhkan dalam proyek yang sedang digarap.

Sekian ulasan terkait komponen boom pada excavator yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi dan informasi menarik untuk dapat mengoperasikan excavator tersebut dengan baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular