Monday, July 15, 2024
HomeMiningUNTR Siap Naikkan Target Sektor Pertambangan Emas

UNTR Siap Naikkan Target Sektor Pertambangan Emas

PT. United Tractor Tbk (UNTR), salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan emas di Indonesia mengumumkan target penjualan emasnya untuk tahun 2024 mendatang. Meski memiliki penurunan pada realisasi penjualan emas di tahun 2023 lalu, namun UNTR yakin dengan peningkatan target yang akan dibuat untuk tahun 2024 ini.

UNTR diketahui memiliki 95% saham di PT. Agincourt Resources yang merupakan perusahaan tambang emas martabe di daerah Tapanuli Selatan. PT. Agincourt Resources diketahui memiliki jumlah area operasi pertambangan seluas 479 hektar di Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: UNTR Turunkan Target Penjualan Alat Berat 2024 Karena Berbagai Faktor

UNTR Umumkan Target Pertambangan Emas Sementara

Sara K. Loebis selaku Corporate Secretary United Tractors menuturkan bahwa di tahun 2023 lalu kinerja tambang emas yang dimiliki oleh PT. Agincourt Resources mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pencapaian di Tahun 2022. Per November 2023, Agincourt mencatat penurunan 36,82% year on year dengan pencapaian 166.468 troy ounce sedangkan periode yang sama di tahun 2020 berhasil ditutup dengan pencapaian 263.492 troy ounce.

Meski terdapat penurunan di tahun 2023, UNTR optimis menargetkan penjualan emas sebesar 235.000 ounce sepanjang tahun 2024 mendatang. Target ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan target tahun 2023 sebesar 175.000 ounce.

Beragam Strategi Disusun Untuk Tingkatkan Performa Pertambangan Emas UNTR

pertambangan emas
Target Penjualan Emas Disiapkan dengan Anggaran Belanja Modal yang Tinggi

Untuk memaksimalkan pencapaian target sektor pertambangan emas di tahun 2024 mendatang, UNTR akan mengalokasikan modal yang cukup besar untuk mendukung kegiatan eksplorasi dan perbaikan fasilitas tambang emas. Sara K. Loebis menuturkan setidaknya UNTR akan mengalokasikan belanja modal senilai Rp 1,8 triliun untuk mengembangkan lini sektor bisnis emas tersebut.

Sara juga menuturkan bahwa di tahun 2024 ini UNTR akan fokus untuk melakukan eksplorasi dan perbaikan fasilitas tambang dan belum memiliki rencana akuisisi tambang emas manapun.

Diketahui saat ini UNTR memiliki dua lokasi tambang emas yang sedang beroperasi yaitu tambang Martabe di Sumatera Utara dan Tambang Sumbawa Jutaraya di Sumbawa. Namun Sara menegaskan bahwa target yang dimiliki oleh UNTR saat ini bukan target final untuk sektor pertambangan emas sehingga masih memungkinkan bagi UNTR untuk mengubah target tersebut sesuai dengan potensi yang ada setelah melakukan analisis di masa yang akan datang.

Sumber: market.bisnis.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular