volvo ce

Peningkatan Volvo CE oleh Produsen Agregat Korea Selatan

Dengan kondisi ekonomi yang terus mengalami perbaikan dan peningkatan selepas meredanya kasus COVID-19 di seluruh belahan dunia, kini permintaan akan alat berat juga terus mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan proyek pembangunan berbagai infrastruktur pemerintah maupun swasta, serta pembangunan ruas jalan baru kembali digiatkan setelah beberapa waktu terus tertunda.

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang terus mengalami pertumbuhan berkelanjutan seiring semakin stabilnya ekonomi dalam berbagai aspek, mulai dari budaya, bisnis, maupun wisata. Dengan hal tersebut, masyarakat Korea Selatan terus mengadakan perbaikan dan pembangunan berkelanjutan untuk memajukan wilayah.

Alat Berat Volvo CEdan Produsen Agregat Korea Selatan

volvo ce

Dilansir dari laman website Aggregates, salah satu produsen agregat asal Korea Selatan, Daeil Development, menggunakan armada articulated haulers, wheeled excavator dan alat berat excavator Volvo CE – termasuk ser EC550E terbaru, dalam usahanya untuk membantu mengurangi konsumsi bahan bakar, serta memenuhi permintaan agregat yang kian meningkat di kawasan Iksan, Provinsi Jeolla Utara.

Kawasan Iksan Korea Selatan

Iksan merupakan kawasan kota dan menjadi persimpangan kereta api utama di kawassan Provinsi Jeolla Utara – yang biasa diterjemahkan sebagai Jeollabuk-do atau Chollabuk-do, Korea Selatan. Kota ini terletak di Dataran Okgu dan Keumman, yang mengarah ke Laut Barat (Yellow Sea). Dengan letak kota yang sangat dekat dengan laut dimana kapal dapat mengangkut berbagai macam produk, kota Iksan telah lama menjadi pusat logistik dan lalu lintas yang ramai.

Menjadi pusat logistik dan lalu lintas, perkembangan kawasan kota Iksan terbilang cukup cepat guna memenuhi kebutuhan masyarakat serta mengembangkan kawasan tersebut.

Selain itu, lokasi kota Iksan yang berada di dataran subur antara sungai Geumgang dengan Mangyeonggang telah lama menjadikan kora tersebut sebagai pusat signifikansi pertanian dan keagamaan. Saat ini, Iksan memiliki 300.000 penduduk kota yang sedang mengalami transformasi atau perubahan cepat menjadi pusat transportasi, industri serta budaya nasional.

Potensi Kota Iksan dengan Penggunaan Volvo CE

Seperti yang telah disebutkan di atas, kota Iksan sedang berada dalam proyek konstruksi dan infrastruktur berskala besar dengan silih berganti, terutama di kawasan Kompleks Industri Nasional Saemangum – Saemangum National Industrial Complex, dengan luas 409 km persegi yang diklaim sebagai situs reklamasi terbesar di dunia.

Volvo Construction Equipment atau Volvo CE mengatakan bahwa permintaan bahan bangunan sedang terjadi dalam skala besar dan telah melihat bagaimana produsen agregat Daeil Development tumbuh bersama dengan kota tersebut.

Pertumbuhan Kota Iksan dan Daeil Development

volvo ce

Daeil Development yang dibangun sejak tahun 1983 silam ini telah mengoperasikan tiga tambang di kawasan Iksan, hingga menghasilkan satu juta meter kubik agregat per tahunnya. Guna memenuhi target produksi tersebut, Daeil Development memerlukan waktu kerja yang tinggi dari peralatan – kombinasi desain yang tahan lama, persyaratan perawatan yang sederhana, serta dukungan purna jual yang andal. Efisiensi bahan bakar dan keselamatan serta kenyamanan operator alat berat juga menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan tersebut.

Selain berbagai jenis large crusher dan conveyors, perusahaan tersebut juga mempekerjakan armada 16 alat berat dari Volvo, yang terdiri dari 11 alat berat excavator dengan berbagai ukuran, tiga wheeled loader seri L180H, serta dua articulated haulers seri A25D. Baru-baru ini, alat berat excavator Volvo seri EC550E ditambahkan dalam proyek pengerjaan Daeil Development.

CEO dari Daeil Development, Pyeong-sik Kim, menjelaskan, “Dampak dari pengenalan alat berat excavator Volvo jenis EC480E serta wheeled loader seri L180H ke lokasi proyek pekerjaan kami bahkan lebih baik dari yang diharapkan, serta saat ini kami mampu mencapai efisiensi bahan bakar alat berat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan peralatan alat berat yang kami miliki sebelumnya. Saya juga sangat senang dengan meningkatnya produktivitas dan efektivitas biaya alat berat Volvo kami.”

Sistem kontrol dari IMVT hydraulic Volvo seri EC550E yang baru didesain agar cocok dengan penggunaan engine dengan RPM rendah, dimana hal tersebut memungkinkan dalam melakukan pekerjaan excavator super dengan bobot 60 ton dengan konsumsi bahan bakar alat berat yang rendah.

Pusat gravitasi rendah dan penyeimbang HD mampu menjaga stabilitas di medan yang terbilang berat. CDC – comfort driving control atau kontrol kenyamanan berkendara, memungkinkan operator alat berat melakukan kontrol pergerakan alat berat menggunakan joystick sederhana dan FOG – falling object guard, atau pelindung benda jatuh, untuk melindungi bagian depan serta atas kabin dari benda jatuh dipasang sebagai standar untuk meningkatkan kenyamanan dan stabilitas selama pengoperasian.

Alat berat Volvo EC550E dilengkapi dengan telematika Volvo CareTrack untuk memungkinkan manajemen alat berat secara real-time di lokasi proyek Daeil Developments. Konektivitas ini menddukung Daeil Development guna memanfaatkan wawasan data untuk efisiensi tinggi, produktivitas, serta pola kerja yang stabil di antara armada alat berat.

Lebih lanjut Kim mengemukakan, “Di masa depan, kami mempertimbangkan untuk membeli articulated haulers tambahan untuk operasi medan kasar kami, dan ketika saatnya tiba untuk memperbarui armada alat berat kami, saya tidak hanya akan memilih alat berat Volvo tanpa ragu, namun juga sangat merekomendasikannya kepada orang lain.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *