Monday, July 15, 2024
HomeExcavatorWarga Sewa Alat Berat Untuk Antisipasi Banjir Di Martapura

Warga Sewa Alat Berat Untuk Antisipasi Banjir Di Martapura

Curah hujan yang tinggi kerap kali menimbulkan banjir di beberapa wilayah Indonesia. Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan menjadi salah satu daerah yang kerap terdampak banjir hampir setiap hujan terjadi.

Beberapa warga di Desa Cindai Alus menuturkan bahwa wilayahnya akan tergenang air banjir dengan berbagai ketinggian jika hujan terjadi lebih dari tiga jam di wilayahnya. Kondisi ini membuat warga merasa perlu melakukan tindakan untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang ada yaitu dengan menyewa alat berat.

Baca Juga: Pemerintah Belum Beraksi, Warga Sewa Alat Berat Untuk Perbaiki Jalan

Pemerintah Tidak Merespon, Warga Sewa Alat Berat Secara Swadaya

Kondisi drainase yang kurang lancar dinilai menjadi salah satu penyebab genangan air mudah terjadi di wilayah Desa Cindai Alus. Mengenai kondisi ini, warga menuturkan bahwa keluhan telah beberapa kali disampaikan kepada pemerintah setempat namun tidak pernah ada tindak lanjut perbaikan.

Pemerintah setempat menuturkan bahwa hingga saat ini, anggaran untuk perbaikan lingkungan masih sangat terbatas sehingga pemerintah kesulitan melakukan perbaikan sesuai dengan yang diharapkan. Kesulitan anggaran yang dimiliki pemerintah membuat warga memilih untuk bergerak secara swadaya tanpa menunggu pemerintah.

Warga Sewa Alat Berat Excavator Untuk Membuat Drainase

Dalam keterangannya, salah seorang koordinator warga Desa Cindai Alus, Musta’in pada Jum’at (26/01/2024) menuturkan bahwa perbaikan lingkungan secara swadaya ini telah dilakukan sejak tiga bulan kebelakang.

alat berat
Alat Berat Excavator yang Disewa Warga Desa Cindai Alus Digunakan Untuk Normalisasi Drainase Setelah 10 Tahun Tidak Dikeruk

Musta’in juga menuturkan bahwa kondisi jalan dan drainase di Desa Cindai Alus telah bertahun-tahun dibiarkan dan tidak diperbaiki sehingga potensi banjir cukup tinggi di wilayah ini. Kondisi banjir yang terus melanda membuat warga akhirnya menyewa alat berat excavator untuk memperbaiki drainase yang ada.

Excavator tersebut telah sampai di Desa Cindai Alus dan langsung digunakan untuk membuat saluran drainase di RT 8 Desa Cindai Alus. Excavator tersebut digunakan untuk mengeruk material tanah yang ada di drainase tersebut sehingga kapasitas debit air yang ada di drainase meningkat.

Material tanah galian tersebut kemudian digunakan untuk memperbaiki jalan yang rusak selebar 8 meter di Desa Cindai Alus. Proyek normalisasi drainase dan perbaikan jalan ini dilakukan bersamaan oleh warga dan beberapa pekerja yang disewa. Warga menuturkan bahwa akses jalan tersebut merupakan akses jalan utama untuk menuju pusat Kecamatan Martapura dan Kota Banjarbaru.

Karena perbaikan drainase ini dilakukan menggunakan alat berat secara swadaya, maka proyek perbaikan tidak bisa dilakukan sekaligus karena warga harus mengumpulkan dana secara terus menerus. Meski dilakukan secara berkala, namun warga saat ini mulai merasakan manfaat proyek tersebut dan berharap daerahnya bisa benar-benar terhindar dari bencana banjir.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular