Monday, July 15, 2024
HomeBulldozerYonzipur 4/TK Datangkan Alat Berat Bantu Pasca Banjir Demak

Yonzipur 4/TK Datangkan Alat Berat Bantu Pasca Banjir Demak

Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Demak menjadi salah satu bencana banjir dengan skala besar di Indonesia pada tahun 2024. Untuk menangani bencana alam ini pemerintah beserta berbagai instansi menurunkan puluhan personel dan alat berat untuk membantu proses penanganan.

Setelah berhasil surut, seluruh warga dan pemerintah harus menghadapi dampak banjir lainnya yaitu kondisi berbagai wilayah yang penuh dengan material sisa banjir. Pasca banjir pemerintah masih fokus untuk melakukan normalisasi dan pembangunan beberapa tanggul yang sebelumnya jebol dan menyebabkan banjir tersebut.

Baca Juga: Yonzipur 4/TK Turunkan Alat Berat Bantu Penanganan Banjir Demak

Setelah Bantu Penanganan Tanggul, Yonzipur 4/TK Bantu Bersihkan Sisa Banjir dengan Alat Berat

Jika pemerintah masih fokus dengan penanganan para warga terdampak dan kondisi sungai serta kondisi tanggul yang ada, warga saat ini justru fokus membersihkan lingkungan tempat tinggalnya dari material-material yang dibawa oleh air banjir sebelumnya.

Menyadari kebutuhan masyarakat dalam proses pembersihan sisa banjir, Pangdam IV/Diponegoro kembali menurunkan beberapa unit peralatan beratnya untuk membantu warga sekitar. Satuan Yonzipur 4/TK yang dipimpin oleh Pangdam IV/Diponegoro sebelumnya diketahui telah menurunkan berbagai unit peralatannya untuk membantu proses penutupan tanggal-tanggul sungai yang jebol saat bencana banjir melanda di Kabupaten Demak.

4 Dump Truk Dan 1 Alat Berat Loader Bantu Bersihkan Lingkungan

Saat banjir masih terjadi di 10 kecamatan di Kabupaten Demak, YonZipur 4/TK yang dipimpin oleh Pangdam IV/Diponegoro diketahui turut membantu proses penanganan dengan mendatangkan beberapa unit alat berat untuk mempercepat proses penutupan tanggul sungai yang jebol. Bantuan ini membuat penanganan banjir di 10 Kecamatan tersebut berjalan lebih cepat.

alat berat
Banjir Berangsur Surut, Warga 10 Kecamatan yang Terdampak Banjir Demak Mulai Bersihkan Material Sisa Banjir

Tidak hanya membantu proses penanganan saat banjir terjadi, Yonzipur 4/TK juga kembali membantu pemerintah untuk menangani dampak setelah banjir tersebut berhasil surut. Pada minggu 25 Februari 2024 lalu, Pangdam IV/Diponegoro memerintahkan kepada personel Yonzipur 4/TK untuk mendatangkan satu unit loader dan 4 unit dump truck untuk membantu membersihkan wilayah-wilayah yang terdampak banjir.

Loader dan dump truck ini akan digunakan untuk membantu warga membersihkan material-material berukuran besar seperti kayu-kayu yang terbawa banjir sehingga proses pembersihan wilayah bisa berjalan lebih cepat.

Danyonzipur 4/TK Mayor Czi Deka Ary Wijanarko menuturkan bahwa seluruh personel Yonzipur 4/TK siap membantu warga yang membutuhkan bantuan. Mayor Czi Deka Ary Wijanarko juga menuturkan langkah yang diambil oleh Pangdam IV/Diponegoro ini diharapkan bisa membantu proses pemilihan wilayah pasca banjir menjadi lebih cepat.

Diketahui bahwa setelah banjir berhasil surut, saat ini warga di 10 Kecamatan yang terdampak banjir mulai fokus untuk memulihkan wilayahnya serta membersihkan dan memperbaiki rumah yang sebelumnya terdampak banjir. Bantuan alat berat dan personel yang diberikan oleh Yonzipur 4/TK ini juga diapresiasi oleh warga setempat karena dinilai sangat membantu proses pembersihan sehingga warga bisa segera kembali ke aktivitas semula setelah kondisi wilayah kembali pulih.

Sumber: beritamerdekaonline.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular